00.00

wisata ke PERPUSNAS..

Haha.. Kalau baca judul itu pasti pada bingung, masa iya kita ke perpusnas alias Perpustakaan Nasional yang ada di daerah Salemba, Jakarta, itu mau wisata? Bukannya mau baca buku ya? Eiitz, jangan salah. Banyak juga loh rombongan dari sekolah-sekolah atau lembaga-lembaga yang memasukkan tempat ini jadi daftar kunjungan kalau ke Jakarta. Tempat itu memang pantes kok dijadiin sebagi ajang wisata. Ya itung-itung mendukung program pemerintah untuk membiasakan membaca. Tempatnya juga enak banget, luas, dingin, lancar internetan, tapi ya itu tadi. Tujuan utama tetep aja baca buku (yaa walau bisa juga dijadiin tempat poto-poto karena begitu masuk ada semacam pajangan di tembok yang guedee banget dan bagus buat poto-poto), makanya kita gak bisa bawa bekel makan dan minum layaknya tempat wisata lain. Hhehe..
Oke, jujur aja. Awalnya aku bukan tipe orang yang doyan main ke perpus kecuali ada tugas dan numpang ngadem (pasti semua siswa atau mahasiswa juga ngalamin). Nah, karena tugas lah aku berminat untuk menjadi anggota perpusnas dan menjadikan tempat itu sebagai sumber tugas-tugasku. Sebenarnya kalau masalah berminat ya udah sejak zaman masih pakai seragam sekolah, tapi gak tau kenapa malah baru kesampean bikin sekarang (pas udah jadi mahasiswa mendekati semeter akhir yang pasti butuh banyak sumber buat skripsi. Tapi mungkin itu karena pas zaman sekolah dulu, aku cuma hidup dan main di daerah pinggiran Jakarta (baca: BEKASI), jadi gak berani buat ke sana sendiri ya? Beda sama sekarang pas udah jadi mahasiswa yang dikit-dikit ngelayap di Jakarta. Jadi hayoo aja begitu mau jalan..hhi

Balik lagi cerita tentang perpusnas, awal ke sana aku janjian sama lima temanku. Rame-rame dengan alasan biar gak norak-norak amat gitu. Berhubung dari rumah ke sana jauh dan ditambah jam yang aku punya lagi ngaret, alhasil aku terlambat satu jam dari jadwal janjian. Akibatnya, entah karena lagi gak beruntung atau apa, aku jadi gak bisa bikin kartu anggota. Ya gak aku aja sih, tapi juga ketiga temanku. Alasannya karena kami datang rombongan dan gak bisa sekaligus langsung bikin. (Uhh, kok gitu ya?) Ohya, bikin kartu anggota itu GRATIS loh. Kartunya keren lagi. Kaya SIM gitu, isi data, foto, cetak, langsung jadi deh. Gak pake lama pokoknya. Trus denger-denger, setiap harinya perpusnas nyediain 100 kartu buat anggota baru. Jadi semua bisa kebagian. (Uhh, kenapa saat itu aku gak bisa ya? Emang gak beruntung..)

Tapi aku yang gak jadi bikin kartu perpus tetep bisa masuk dan minjem buku loh. Jadi tenang aja buat yang gak jadi anggota. Emang pas masuk kita akan dikelompokkan menjadi dua bagian. Bagian anggota dan bukan anggota. Tapi fasilitasnya sama aja kok, cuma beda punya nomor anggota dan gak aja. Masalah loker, minjem dan fotocopy buku juga sama.

Nah, panduan nih buat yang pertama kali ke perpusnas. Kalau kita udah nitipin barang di loker, naik deh kita ke lantai dua. Boleh pake lift atau tangga. Kenapa ke lantai dua? Karena di lantai ini kamu bakal tau letak buku yang kamu cari dan dapet bon buat minjem buku. Di lantai itu kita bisa pake komputer yang buanyak banget buat cari buku yang kita mau. Kita tinggal masukin kata kunci dari buku yang kita cari, trus ntar muncul informasi tentang judul, pengarang, penerbit, tahun terbit. Nah, pas nyari jangan lupa juga catet "NOMOR PANGGIL" alias kode buku yang biasa ada di buku-buku ala perpustakaan, yang tinggal kita ketahui dengan nge-klik ditail buku. Semua informasi itu kita tulis di "bon" peminjaman buku yang dapat diambil di meja resepsionis (atau meja apa lah namanya, yang jelas buat nanya-nanya dan cari tau letak buku di lantai berapa). Begitu udah selesai, kita kasih ke ibu-ibu penjaga meja itu dan beliau akan kasih tau kita mesti ke lantai berapa buat dapetin buku yang kita cari.

Setelah tau bukunya ada di lantai berapa, kita tinggal ke lantai itu dan nyerahin bon peminjaman buku di bagian peminjaman buku. Kita letakkan aja bon itu di tempat yang tersedia. Nanti ada petugas yang akan nyariin dan kalau udah ketemu bakal manggil nama kita kaya di rumah sakit. Catatan: Jadi sistem perpusnas beda sama perpustakaan yang selama ini kita tau. Biasanya kita bisa milih sendiri buku yang kita mau dengan keliling rak  buku. Tapi kalau di perpusnas, kita cuma bisa nunggu, tanpa bisa deket-deket sama rak buku. Mungkin biar gak ilang dan berantakan kali ya.. Ohya, kalau buku yang kita cari dalam keadaan "kosong" alias sedang diperbaiki karena kondisi fisik yang sudah rapuh, sedang dipinjam orang, atau sedang difotocopy, kita bakal dikasih gantinya dengan buku tema serupa. Tapi kalau gak ada, ya kita cuma bisa pasrah dan dateng lain kali.

Nah, kalau udah selesai, kita bisa langsung mulangin dengan nyerahin di tempat pengambilan buku tadi. Tapi kalau mau fotocopy juga bisa, tinggal kasihin ke petugas fotocopy dan tunggu deh. Tapi kalau bawa pulang, kayaknya gak bisa. Istilahnya cuma bisa "makan di tempat", gak bisa "take a way". (Kayaknya sih begitu, abis gak liat ada yang bawa pulang. Kalau salah, mungkin ada yang bisa kasih info). Ohya, sambil baca buku di ruang baca yang dibikin kaya meja rapat, buat yang bawa laptop juga bisa online loh. Kenceng dan lumayan cepet lagi hotspotnya. Dijamin makin betah. Mana colokan banyak, jadi kalau yang mau ngecas gampang. Dingin pula. Sepi. Gak perlu diusir kalau jam istirahat. Pokoknya enak deh di sana. Gak berasa kaya di perpustakaan. (weww.. pintar sekali promosiku. Bakal dijadiin duta perpustakaan nih..hhehe)

Ya pokoknya itu info aja buat yang belum sempet dan bingung alias takut "cengok" kalau mau ke Perpustakaan Nasional. Abisnya pas ke sana aku dan banyak orang bener-bener bingung mesti gimana. Semoga bermanfaat ya..


Nb: Horeeee! Akhirnya aku bisa juga bikin kartu perpusnas. Kunjungan kedua, aku datang pagi-pagi, langsung isi, dan dapet deh. Ohya, dari pengalaman temen-temenku, kalau foto langsung jadi buat kartu itu pada jelek, makanya pas foto aku ngomong gini sama ibu-ibu yang jadi tukang foto, "Boleh senyum kan, Bu?". Taraaa.. Hasil kartuku lumayanlah, gak jelek kaya punya temen-temenku. Pkoknya tetep eksis dah.. hhehe.. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Ngobrol yux..

Create a Meebo Chat Room